About Me

header ads

POIN-POIN EKONOMI PEMBANGUNAN


1.   Perbedaan antara Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi
a.    Istilah pertumbuhan ekonomi cenderung merupakan proses pertumbuhan atau naiknya produk perkapita tanpa memperhatikan dan mengkaitkan dengan meningkatnya pertambahan jumlah penduduk, dan belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarkat karena tidak memperhatikan pemerataan pendapaatan, serta cenderung tidak disertai pembangunan.
b.    Istilah Pembanguan Ekonomi merupakan sebuah proses perubahan yang cenderung terus menerus mengalami perubahan guna melakukan perbaikan, termasuk upaya meningkatakan produk perkapita. Memperhatikan pemerataan pendapatan dan meningkatkan taraf hidup masyrakat, guna terwujudnya pembangunan ekonomi yang baik.

c.    alasan mengapa banyak Negara sedang berkembang lebih berorienttasi ke perdagangan luar negri ketimbang dalam negri, yaitu karena, pasar luar negri lebih luas dan berpotensi menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi,memperkenalkan produk sendiri kepada dunia internasional, suatu uapaya untukmenggaet investor asing.
d.    alasan Negara-negara maju bersedia membantu Negara yang sedang berkembang:
1. bersifat politis, ada upaya kepentingan-kepentingan tersendiri
2. bersifat ekonomi, mencari keuntungan
3. bersifat prikemanusiaan
2.    Salah satu ciri Negara yang sedang berkembang adalah sebagai produsen barang primer karena, produksi barang primer seperti : kehutanan dan pertanian, yang menjadi pokok utama dalam produksi barang primer adalah tanah yang luas, dan tenaga kerja yang banyak, maka dari itu ciri Negara yang sedang berkembang adalah Negara  yang memiliki, menghasilkan barang yang menggunakan lebih banyak tenaga kerja dan tanah.

3.    Factor kunci yang mendorong pertumbuhan ekonomi dari beberapa tokoh :
a.    pertumbuhan ekonomi menurut Adam Smith : untuk berlangsungnya perkembangan ekonomi diperlukan adanya spesialisasi atau pembagian kerja agar produktifitas tenaga kerja bertambah.Spesialisai dalam proses produksi akan dapat meningkatkan ketrampilan tenaga kerja ,dapat mendorong ditemukannya alat-alat atau mesin-mesin baru dan akhirnya dapat mempercepat  dan meningkatkan produksi. Menurut  smith sekali pertumbuhan itu mulai maka ia akan bersifat kumulatif; artinya bia ada pasar yang cukup dan ada akumulasi capital,pembagian kerja akan  terjadi dan ini akan menaikkantingkat produktifitas tenaga kerja.
b.    Peranan kaum kapitalis Menurut David Ricardo,.Golongan kapitalis adalah golongan yang memimpin produksi dan memegang peranan yang penting karena mereka selalu mencari keuntungan dan menginvestasikan kemabali pendapatanya  dalam bentuk akumulasi capital yang akan mengakibatkan naiknya penadapatan yang lebuh besar lagi. Untuk golonagan buruh , dikatakan bahwa golongan ini tergantung pada golongan kapitalis dan merupakan glongan yang terbesar dalam masyarakat.adapun golongan  tuan tanah, mereka hanya menerima sewa saja dari golongan kapitalis atas areal yang disewakan.Menurut  D. Ricardo bila jumlah penduduk bertambah terus dan akumulasi capital terus-menerus terjadi , maka tanah yang subur menjadi kurang jumlahnya atau semakin langka adanya. Di samping itu juga ada persaingan di antara kapitalis-kapitalis itu sendiri dalam mengolah tanah yang kurang kesuburannyadan akibatnya keuntungan mereka semakin berkuarang.

4.    runtuhnya masyarakat kapitalis
Schumpeter berpendapat bahwa dasar-dasar ekonomi dan sosial sistem kapitalis akan runtuh,ia mendasarkan pendapatnya atas 3 hal:
a.    Usangnya fungsi wiraswasta
Kegiatan wiraswasta terdiri merubah bentuk-bentuk perekonomian atau pola yang ada dan menciptakan sesuatu yang baru.etapi kemajuan teknologi diserahkan atai dilakukan oleh para ahli dalam industri besar. Pemasaran dan dan pengurusan kegiatan yang baru sudah diatur sepenuhnya. Inovasi tidak lagi dilakukan oleh orang tertentu namun merupakan pekerjaan rutin yang dipimpin oleh manager yang ahli dalam perusahaan besar. Jadi fungsi wiraswasta menjadi usang.
b.    Runtuhnya rangka kehidupan masyarakat kapitalis
Kecenderungan pada konsentrasi perusahaan-parusahaan besar akan menyebabkan lenyapnya dasar-dasar penting bagi kapitalisme yaitu hak milik perseorangan dan kebebasan untuk mengadakan kontrak (freedom of contract). Jadi kapitalisme akan runtuh karena dasar dari kapitalisme ini sudah melemah.
c.    Runtuhnya golongan politikus
Mula-mula raja-raja feodal membantu tumbuhnya industri dan perdagangan secara politis namun peraturan-peraturannya menguntungkan mereka. Tetapi dalam kapitalise yang sudeh maju, kaum industri dan perdagangannya meruntuhkan kekuatan feodal.

5.    a. masalah penduduk harus mendapatkan perhatian serius dalam rangka pembangunan ekonomi suatu Negara karena penduduk merupakan pelaku ekonomi dalam suatu Negara, yang mana tingkat pertumbuhan ekonomi saling bekaitan dengan tingkat jumlah penduduk, kegiatan ekonomi sangat dipengaruhi oleh jumlah penduduk, dengan memperhatikan tingkat SDM yang ada, akan menjadi pertimbangan dalam hal pembangunan ekonomi suatu Negara.
b. the low level equilibrium trap adalah tingkat keseimbangan yang rendah. Sedangkan minimum kritis (critical minimum effort) adalah upaya atau jalan keluar dari perangkap tingkat keseimbangan pendapatan per kapita yang rendah, dalam suatu Negara yang sedang berkembang. Hubungannya adalah di suatu Negara yang sedang berkembang cenderung terperangkap yang mana aal dan akhirnya tetap sama dengan istilah masyrakat yang miskin akan tetap miskin, padahal system ekonomi yang berkembang saing mempengaruhi, sehingga timbulah critical minimum effort.
c.  struktur umur penduduk suatu Negara memperngaruhi hasil-hasil pembanguan karena umur penduduk atau masyarakat sangat mempengaruhi tingkat kinerja penduduk itu sendiri, yang mana dalam suatu penduduk terdapat beberpa klasifikasi tingkat umur yang berbeda, tingkat jumlah umur yang produktif dapat mempengaruhi tingkat kinerjanya dalam melakukan kegiatan ekonominya. Tingkat kinerja inilah yang mempengaruhi hasil-hasil pembangunan kelak
d. langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia.
·         pendidikan yang baik, sebagai dasar pembentukan karakter tenaga kerja yang berpendidikan
·         pelatihan tenaga kerja yang sesuai dengan keahliannya, dilatih secara professional.
·         Perkrutan tenaga kerja yang sesuai dengan tingkat umur yang ideal sebagai tenaga kerja.

6.    capital atau modal merupakan factor yang menjamin keberhasilan pembangunan memang tidak dapat dipungkiri capital sangat berpengaruh terhadap pembanguan, cuman dalam upaya untuk menuju pembangunan yang baik tidak hanya mengandalkan kapiatal semata, karena hanya capital yang dimiliki tanpa mempunyai keahlian dalam hal membangun, percuma, pembangunan sulit untuk diwujudkan, dan sebaliknya, keahlian yang mumpuni jika tidak mempunyai capital yang mendukung, pembangunanpun sulit untuk diwujudkan. Keahlian dalam arti ini adalah sumber daya manusia (SDM) yang terlath, profesioanal dalam bidangnya. Jika dua factor yaitu antara capital dan SDM yang baik, saling mendukung, tidak menutup kemungkinan pembangunan akan terwujud.

7.    Voluntary saving (tabungan sukarela)
Kelebihan :
1. Dana masyarakat yang tidak digunakan untuk kegiatan konsumsi, tidak mengikat
2. Dana ini masuk bank, asuransi dan lembaga keuangan lainnya. Seperti uang kas  besar   kecilnya tidak ditentukan.
3. pemanfaatan dana untuk kepentingan bersama
Kekurangan :
1. pemanfaatannya kurang jelas, tidak terfokus pada salah satu bidang
Forced saving (penariakan pajak)
Kelebihan :
1. pemanfaatan jelas untuk pembangunan
2. penariakan dana diseuaikan dengan pendapatan si pemberi pajak
Kekurangan :
1. Pajak berpengaruh terhadap konsumsi, tabungan, produksi dan distribusi (khususnya pendapatan).
2. ada Pajak tidak langsung, pajak yg bebannya dpt digeserkan/dilimpahkan kepada pihak lain (dlm arti ekonomi) atau pajak yg dipungut tanpa menggunakan surat ketetapan pajak (dlm artian administrasi).

8.    Hubungan antara jumlah penduduk, produksi barang dan jasa serta cadangan sumber daya alam dan kualitas lingkungan. Sumber daya alam mengahasilkan produk barang dan jasa dengan proses produksi, kegiatan produksi berhubungan dengan sumber daya manusia yang mengendalikannya, hubungan jumlah penduduk dengan kegiatan produksi bergantung kepada tingkat keahlian penduduk dalam mengelola sumber daya alamnya guna memenuhi kehidupannya, perbandingan antara sumber daya alam dengan jumlah penduduk tidak akan pernah seimbang, disini menyatakan bahwa dengan sumber daya alam yang melimpah dan pemanfaatan yang baik, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kualitas ingkungan hidup yang baik, dan pembangunan ekonomi akan terwujud.

9.    Hubungan antara inovasi dan investasi baik dinegara yang sedang berkembang maupun dinegara yang sudah maju.
Di negara yang sudah maju yang didominasi oleh tingkat Sumber Daya Manusia yang baik, cenderung lebih banyak karya dan inovasi yang mereka hasilkan, baik berupa teknologi maupun ekonomi, yang mana inovasi yang mereka hasilkan itu mampu mewujudkan tingkat pembangunan ekonomi yang baik, samakin banyak inovasi yang mereka hasilkan berbanding lurus dengan tingkat kegiatan investasi yang mereka lakukan. Dengan inovasi yang baru tidak sedikit investasi yang ditujukan kepada hasil inovasi tersebut guna untuk mengalami perkembangan-perkembangan yang diharapkan.
 Dinegara yang sedang berkembang, bukan lagi inovasi baru yyang mendominasi, tapi tingkat investasi yang didapat, banyak investor-investor luar yang menginvestasikan sebagian kapitalnya kepada Negara-negara yang sedang berkembang, tapi tidak sedikit pula inovasi-inovasi baru yang dihasilkan oleh Negara berkembang, salah satu contohnya Indonesia, banyak inovasi-inovasi anak negri yang baru, cuman inovasi itu masih dalam keadaan kecil menengan sehingga sulit mendapakna investasi yang mumpuni.

10.  Imitative entrepreneur adalah suatu istilah dalam kegiatan wirausaha yang menjelaskan tentang dalam proses menghasilkan suatu produknya dengan cara meniru inovasi-inovasi entrepreneur lainnya, yang saat ini dikenal dengan ATM (Amati Tiru Modifikasi)
Innovating ekstrepreuner adlah suatu istilah dalam kegiatan wirausaha yang menjelaskan tentang proses menghasilkan suatu produknya dengan cara berkesperimen secara ekstra terampil memperaktekkan, tranformasi-transformasi, dan mengahsilkan seuatu yang baru.

Post a Comment

0 Comments