About Me

header ads

IKLAN ADALAH WAJAH PERUSAHAAN




Apa itu Iklan ?

Definisi mengenai iklan sangat beragam, ada yang berpendapat iklan adalah suatu tindakan-tindakan untuk mendorong pembeli agar tertarik dengan barang dan jasa yang ditawarkan, menurut pakar periklanan dari Amerika, S. William Pattis (1993) iklan adalah setiap bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi dan mempromosikan produk dan jasa kepada seseorang atau pembeli yang potensial, tujuannya adalah mempengaruhi calon konsumen untuk berfikir dan bertindak sesuai dengan keinginan si pemasang iklan.

Banyak ahli memaknai iklan dalam beberapa pengertian. Ada yang mengartikan dalam sudut pandang komunikasi, psikologi, dll. Tetapi dalam dunia bisnis iklan dimaknai dalam perspektif pemasaran lebih menekankan pemaknaan iklan sebagai alat pemasaran.

Apa Fungsi Iklan Untuk Perusahaan ?


Banyak media yang digunakan oleh perusahaan dalam menampilkan iklan produknya, baik itu dalam bentuk media cetak maupun elektronik, tergantung kebutuhan dan kondisi perusahaan. Karena pada dasarnya tujuan dalam pemasangan iklan itu adalah berharap menghasilkan dampak atau pengaruh terhadap pemasaran produk dan kelangsungan perusahaan. Sebagai alat pemasaran fungsi dan tujuan iklan adalah :
  • Memberikan informasi : Iklan di gunakan oleh perusahaan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai produk perusahaan. Informasi- informasi tersebut dapat berupa penjelasan mengenai kegunaan, kemampuan, cara kerja, keunggulan, kualitas, serta harga produk.
  • Membujuk : Bentuk iklan bersifat membujuk, tujuannya adalah menciptakan permintaan terhadap produk atau jasa, dengan berusaha untuk meyakinkan akan keunggulan produk perusahaa. Hal ini tentu penting bagi perusahaan pada masa persaingan .
  • Mengingatkan : iklan bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat terhadap produk perusahaan. Hal ini cocok untuk produk perusahaan yang dalam masa kedewasaan, mengingatkan bahwa produk perusahaan tersebut akan tetap eksis.
  • Memberikan Nilai Tambah : Dengan iklan yang efektif dapat memberikan nilai tambah terhadap produk atau merek tertentu sehingga produk atau merek tersebut dapat dipersepsikan lebih mewah, lebih modern, lebih fleksible, lebih bergaya, lebih bergengsi dan lebih mampu bersaing. Bentuk suatu iklan adalah representatif dari perusahaan.



Post a Comment

0 Comments