About Me

header ads

MENJADIKAN SHALAT SEBAGAI KEBUTUHAN

Shalat adalah media komunikasi kita terhadap Allah s.w.t, dan merupakan ibadah yang wajib di laksanakan oleh setiap muslim. Shalat termasuk ke dalam rukun Islam, jika orang yang beragama islam belum sempurna dalam melaksanakan shalat, berarti orang tersebut belum sepenuhnya beriman dan belum menegakkan agama Islam.
Ibadah shalat adalah kewajiban, mungkin dalam benak pikiran kita sesuatu yang wajib merupakan sesuatu yang bersifat memaksa, keharusan, sehingga menjadi sesuatu yang berat untuk di laksanakan, tetapi sebaliknya sesuatu yang bersifat butuh, kita selalu berjuang memenuhi sesuatu yang butuh tersebut untuk mencapai kepuasan.
Kebutuhan kita di dunia ini antara lain :
1. kebutuhan jasmani, contohnya dalam hal memenuhi kepuasan jasmani seperti makan, minum, dll
2. kebutuhan rohani, mencakup ketenangan batin, pikiran,hati, dll
Tetapi di dunia ini kita selalu memenuhi kebutuhan jasmaninya saja, sedangkan kebutuhan rohani jarang kita pedulikan ( pikirkan ), padahal untuk mencapai kebahagiaan di dunia kita harus memenuhi kedua kebutuhan tersebut secara seimbang. Itulah kesempurnaan dalam hidup menyeimbangkan antara kebutuhan rohani dan kebutuhan jasmani.
Tidak dapat di pungkiri setiap hari kita memenuhi kebutuhan jasmani seperti makan, minum. Karena semua itu merupakan membutuhkan yang harus di penuhi, yang tanpa terasa akhirnya menjadi suatu kewajiban. Dalam shalat pun seharusnya demikian menjadi suatu kebutuhan dahulu dan akhirnya menjadi suatu kewajiban, karena apabila shalat sudah menjadi kebutuhan otomatis shalat akan menjadi sesuatu yang wajib karena kita membutuhkan shalat.
Apa yang kita butuhkan dari Shalat??
yang kita butuhkan dari Shalat yaitu:
1. Mendapat pahala
2. Mendapat ridha Allah
3. Dapat mencegah perbuatan-perbuatan keji dan mungkar
4. Mendapat derajat yang tinggi dari Allah
Dalam melaksanakan Shalat kita mendapat banyak keuntungan, selain mendapat manfaat di atas, kita juga akan mendapat ketenangan batin,pikiran,dan ketenangan hati, ketenangan itulah yang kita butuhkan di dunia ini, sehingga kita akan merasa Shalat sebagai kebutuhan kita yang nantinya akan menjadi suatu kewajiban.
kita semua jarang merasakan ketenangan batin, pikiran,dan hati. Karena kita di sibukkan duniawi semata, tidak ada ketenangan yang sempurna yang kita temukan selain dalam Shalat. Ketengan batin,pikiran,dan hati semua itu akan kita dapatkan dalam Shalat, disiplinlah dalam melaksanakan Shalat, Jika kita ingat terhadap Shalat kemudian melaksanakannya dan berdo’a(karena isi setiap bacaan dalam shalat merupakan do’a) Allah pun akan ingat kepada kita, jika Allah ingat kepada kita, tidak mustahil Allah akan memberikan apa-apa yang kita mau, dan mengabulkan do’a tulus kita.
Jika anda ingin disiplin dalam mngerjakan Shalat, maka pikirkan bahwa anda menginginkan ketenangan batin,pikiran,dan hati, dan menginginkan kasih sayang Allah sehingga selamat dunia dan akhirat. Aaammiiin!!!!

Post a Comment

0 Comments