About Me

header ads

Pameran Museum Keliling dan keperPurbakalaan @garut


oleh : Halim Ramdani

Masih dalam masa-masa peringatan hari jadi Garut 2 abad, hari ini jum'at tanggal 10 Mei 2013, kali ini saya mengunjungi acara pameran museum keliling dan benda cagar budaya, dengan tema "perMuseuman, dan keperPurbakalaan", berbeda dengan pameran yang ada sebelumnya yaitu yang bertempat dialun-alun Garut, pameran museum ini sengaja bertempatan indor di gedung pendopo Garut, lebih tertutup dan tidak terlalu ramai dipadati pengunjung. 

Sangat disayangkan sekali acara sebaik dan sangat bermanfaat ini tidak terlalu populer dikalangan masyarakat, mungkin juga karena sosialisasi dan informasi lewat visualisasi yang dipublikasikan sangat kurang, sehingga masyarakat luas tidak menerima informasi yang ada. 

Hari ini sengaja saya sempatkan waktu untuk sekedar melihat-lihat, dan memperoleh informasi baru yang lebih, karena berlangsungnya acara ini tidak lama, terkahir hari sabtu tanggal 11 mei 2013. Kesan pertama yang di dapatkan ketika menuju ruang meseum saya disuguhi deretan beberapa gambar unik dengan corak batik yang pastinya terlihat indah sekali dalam ukuran  media sekitar 1,5 m2 bersambung dan memanjang, kurang lebih sepanjang 60 m.

Sempat saya bebincang-bincang dengan salah seorang pihak yang mengurusi acara ini yaitu bapak Aan, beliau dari instansi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Garut, yang kebetulan beliau sedang mengurusi deretan gambar yang saya lihat tadi, dari informasi pak Aan ternyata deretan gambar itu merupakan hasil karya adik-adik pelajar SMA yang ada di Garut. luar biasa event seperti ini mampu menggugah kreatifitas anak-anak muda Garut. dan semoga tidak hanya berhenti sampai disini saja, tapi tetap berlanjut seterusnya.

Ketika masuk ke dalam ruangan museum, disana terdapat stan-stan dari beberapa kota yang didalamnya memperkenalkan barang-barang purbakala, dan informasi sejarah, di tiap stan sebelum kita ingin melihat-lihat kedalam stan kita diwajibkan dahulu untuk mengisi daftar kunjungan dan asal sekolah atau perguruan tinggi, kemudian kita akan dikasih brosur dan nantinya kita akan mendapat penjelasan langsung dari tiap koordinator stan mengenai barang-barang purbakala atau informasi sejarah yang akan disampaikan.

Sayang sekali dalam momen tersebut saya tidak bisa mengabadikan lewat foto, walaupun niat awalnya ingin memberikan informasi lewat bukti gambar yang lebih mampu menggugah rasa penasaran yang membaca postingan ini untuk berkunjung ke acara tersebut.

Post a Comment

0 Comments