Apa itu Iklan ?
Definisi mengenai iklan sangat
beragam, ada yang berpendapat iklan adalah suatu tindakan-tindakan untuk
mendorong pembeli agar tertarik dengan barang dan jasa yang ditawarkan, menurut
pakar periklanan dari Amerika, S. William Pattis (1993) iklan adalah setiap
bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi dan mempromosikan produk
dan jasa kepada seseorang atau pembeli yang potensial, tujuannya adalah
mempengaruhi calon konsumen untuk berfikir dan bertindak sesuai dengan
keinginan si pemasang iklan.
Banyak ahli memaknai iklan dalam
beberapa pengertian. Ada yang mengartikan dalam sudut pandang komunikasi,
psikologi, dll. Tetapi dalam dunia bisnis iklan dimaknai dalam perspektif
pemasaran lebih menekankan pemaknaan iklan sebagai alat pemasaran.
Apa Fungsi Iklan Untuk Perusahaan ?
Banyak media yang digunakan oleh
perusahaan dalam menampilkan iklan produknya, baik itu dalam bentuk media cetak
maupun elektronik, tergantung kebutuhan dan kondisi perusahaan. Karena pada
dasarnya tujuan dalam pemasangan iklan itu adalah berharap menghasilkan dampak
atau pengaruh terhadap pemasaran produk dan kelangsungan perusahaan. Sebagai
alat pemasaran fungsi dan tujuan iklan adalah :
- Memberikan informasi : Iklan di gunakan oleh perusahaan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai produk perusahaan. Informasi- informasi tersebut dapat berupa penjelasan mengenai kegunaan, kemampuan, cara kerja, keunggulan, kualitas, serta harga produk.
- Membujuk : Bentuk iklan bersifat membujuk, tujuannya adalah menciptakan permintaan terhadap produk atau jasa, dengan berusaha untuk meyakinkan akan keunggulan produk perusahaa. Hal ini tentu penting bagi perusahaan pada masa persaingan .
- Mengingatkan : iklan bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat terhadap produk perusahaan. Hal ini cocok untuk produk perusahaan yang dalam masa kedewasaan, mengingatkan bahwa produk perusahaan tersebut akan tetap eksis.
- Memberikan Nilai Tambah : Dengan iklan yang efektif dapat memberikan nilai tambah terhadap produk atau merek tertentu sehingga produk atau merek tersebut dapat dipersepsikan lebih mewah, lebih modern, lebih fleksible, lebih bergaya, lebih bergengsi dan lebih mampu bersaing. Bentuk suatu iklan adalah representatif dari perusahaan.
0 Comments