About Me

header ads

GARUT HARUS MERENCANAKAN PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF

Oleh : Halim Ramdani

Perdagangan bebas mengaharuskan setiap negara termasuk Indonesia berupaya keras untuk melakukan perkembangan ekonomi yang dapat bersaing dalam maupun luar negri, belum lama ini Indonesia dihadapkan dengan adanya MEA (Mayarakat Ekonomi Asean), sehingga indonesia harus siap menghadapi persaingan ekonomi tersebut, Salah satu cara untuk menghadapai hal ini indonesia harus mendorong perekonomian yang berdaya saing dengan pemanfaatan sumber daya yang terbarukan berbasis kreativitas. Perkembangan ekonomi kreatif merupakan pilihan tepat karena dapat menjaga ketahanan ekonomi, berkontribusi besar terhadap perekonomian dalam negri, selain itu dapat membangun citra indentitas suatu bangsa, menciptkan inovasi, krativitas, dan keunggulan kompetitif.

Pentingnya ekonomi kreatif dibuktikan dengan adanya kebijakan pemerintah lewat Inpres tahun 2009 no 6 (Perkembangan Ekonomi Kreatif), dalam Inpres tersebut menjelaskan ekonomi kreatif adalah kegiatan

 ekonomi yang dilakukan berdasarkan krativitas, keterampilan dan bakat individu, sehingga menghasilkan daya kreasi, daya cipta individu, yang bernilai ekonomis untuk kesejahteraan masyarakat. Tujuan adanya Inpres tersebut adalah membuka wawasan buat para pemangku kepentingan akan kontribusi yang dihasilkan ekonomi kreatif terhadap ekonomi Indonesia. Sehingga diharapkan setiap pemerintahan daerah yang ada termasuk Kabupaten Garut harus melakukan upaya perencanaan perkembangan ekonomi kreatif, karena hal ini dapat menjawab permasalah pembangunan yang ada di Garut khusunya pertumbuhan ekonomi.
Perkembangan ekonomi kreatif di Garut sangat diperlukan, melihat potensi besar yang ada terutama pelaku ekonomi kreatif. Tidak dapat dipungkiri pelaku ekonomi kreatif di Garut tidak sedikit yang perlu perhatian khusus, walaupun pemerintahan Garut telah berupaya melakukan kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi kreatif, sebut saja pameran ekonomi kreatif yang rutin tiap tahun dilakukan pemerintahan Garut, namun pada kenyataannya itu hanya sebatas kegiatan ceremonial belaka, tidak jelas esensi yang didapat dalam kegiatan tersebut. Pameran ekonomi kreatif yang telah dilakukan tidak jauh beda dengan event-event pameran yang telah dilakukan sebelumnya, tidak jauh beda dengan pameran UMKM biasa.

Dalam hal ini terlihat kekerdilan pemikiran pemerintah kabupaten Garut, mereka menganggap ekonomi kreatif hanya sebatas pameran UMKM, dan dapat dilakukan hanya dengan satu kegiatan ceremonial yang tidak mempunyai pengaruh jangka panjang, padahal ruang lingkup Ekonomi Kreatif sangat luas bukan hanya pelaku UMKM Semata. Dalam Inpres no 6 th 2009 dijelaskan cakupan ekonomi kreatif adalah periklanan, kerajinan, desain, seni pertunjukan, penerbitan, tv dan radio, fesyen, dll,  dan Garut memiliki semua itu, tinggal dikembangkan dengan formula kebijakan yang harus direncanakan. Dalam hal ini pemerintah kab Garut harus lebih serius menanggapi perkembangan ekonomi kreatif yang ada, sehingga mampu menjawab permasalahan pembangunan yang ada di Garut.

Tidak jarang kita sering mendengar para pelaku ekonomi kreatif di Garut yang berkecimpung di dunia seni khusunya kurang mendapatkan apresiasi penuh dari pemerintah, sehingga kegiatan yang mereka lakukan jauh dari kata berkembang, dan malah berkarya dan sukses diluar kota Garut itu sendiri, dan masih banyak permasalahan lainnya yang perlu diperbaiki. Garut merupakan kabupaten yang sedang berkembang, alangkah baiknya status tersebut didukung dengan perkembangan ekonomi kreatif di kabupaten Garut dengan awal penyusunan kebijakan baik itu lewat Rencana Aksi, RKPD, Renja SKPD maupun RAPBD nantinya, selain sebagai upaya memenuhi Inpres no 6 th 2009 dan itu merupakan apresiasi awal pemerintah terhadap pelaku usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Garut. Tidak mustahil jika ekonomi kreatif di Garut berkembang akan mampu mengasah potensi-potensi kreatif masyarakat Garut yang ada dan akan mampu mewujudkan pertumbuhan ekonomi sehingga siap bersaing dalam maupun luar negri.

Post a Comment

3 Comments

  1. Gagasan yang bagus dan berkualitas kang,
    Salam ditunggu tulisannya di wartagarut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. haturnuhun kang, tulisan ini bisa dimuat di wartagarut kang?

      Delete
  2. Sok aja, tapi kalau bisa tulisan yang belum dipublish kang.

    ReplyDelete