About Me

header ads

MANAJEMEN DANA BANK SYARI’AH

Manajemen Dana Bank Syariah adalah usaha yang dilakukan oleh lembaga bank syariah dalam mengelola atau mengatur dana yang diterima dari aktifitas funding untuk disalurkan kepada aktifitas financing, dengan harapan bank yang bersangkutan tetap mampu memenuhi kriteria-kriteria likuiditas, rentabilitas, dan solvabilitasnya.
Tujuan Dana Bank Syari’ah :           
1.      Memperoleh profit yang optimal                                                                
2.      Menyediakan aktiva cair dan kas yang memadai
3.      Menyimpan cadangan  
4.      Mengelola kegiatan-kegiatan lembaga ekonomi dengan kebijakan yang pantas bagi seseorang yang bertindak sebagai pemelihara dana-dana orang lain
5.      Memenuhi kebutuhan masyarakat akan pembiayaan.
Sumber-sumber dana bank :
"Usaha bank dalam menghimpun dana untuk membiayai operasinya
1.      Berasal bank itu sendiri (Dana Pihak I )

 
Dana Bank Syariah Dana pihak Kesatu adalah dana yang berasal dari pemilik bank atau para pemegang saham, baik pemegang saham pendiri (yang pertama kalinya ikut mendirikan bank tersebut) maupun pihak pemegang saham selanjutnya yang ikut dalam usaha bank tersebut, termasuk pihak pemegang saham publik (jika bank tersebut sudah go public atau merupakan suatu badan usaha terbuka).
·         Modal Disetor
Modal disetor adalah sejumlah uang yang telah disetor secara efektif yang berasal dari pemegang saham pada saat bank didirikan. Umumnya modal setoran pertama dari para pemilik bank ini sebagian dipergunakan bank untuk sarana perkantoran, peralatan kantor dan promosi.
·         Agio Saham
Agio saham adalah nilai selisih jumlah uang yang dibayarkan oleh pemegang saham baru dibandingkan dengan nominal saham.
·         Cadangan-cadangan
Cadangan-cadangan adalah sebagian keuntungan bank yang disisihkan dalam bentuk cadangan modal dan cadangan lainnya yang digunakan untuk menutup kemungkinan timbulnya resiko dikemudian hari.
·         Laba Ditahan (Retained Earning)
Laba ditahan adalah laba milik para pemegang saham yang diputuskan oleh mereka sendiri melalui rapat umum pemegang saham untuk tidak dibagikan sebagai deviden, tetapi dimasukan kembali dalam modal kerja untuk operasional bank.
2.      Berasal dari lembaga lainnya ( Dana pihak II )
Dana Pihak Kedua adalah dana-dana pinjaman yang berasal dari pihak luar yang memberikan pinjaman dana (uang) pada bank.
·         Call Money
Call money merupakan pinjaman dari bank lain yang berupa pinjaman harian antar bank. Pinjaman ini biasanya diminta bila ada kebutuhan mendesak yang diperlukan bank. Jangka waktu call money biasanya tidak lama, yaitu sekitar satu minggu, satu bulan dan bahkan hanya beberapa hari saja. Jika jangka waktu pinjaman hanya satu malam saja maka pinjaman itu disebut Overnight Call Money.
·         Pinjaman Antar Bank
Pinjaman ini umumnya terjadi jika antar bank peminjam dengan bank yang memberikan pinjaman kerjasama dalam bantuan keuangan dengan persyaratan-persyaratan tertentu yang disepakati kedua belah pihak, jangka waktunya bersifat menengah atau panjang dengan tingkat suku bunga yang relatif lebih lunak.
·         Pinjaman dari Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)
Pinjaman dari LKBB ini lebih banyak berbentuk surat berharga yang dapat diperjualbelikan dalam pasar uang sebelum jatuh tempo.
·         Pinjaman dari Bank Sentral (Bank Indonesia)
Merupakan pinjaman yang diberikan BI kepada bank untuk membiayai usaha-usaha masyarakat yang tergolong berprioritas tinggi. BI memberikan dana yang dikenal dengan kredit likuiditas. Kredit likuiditas ini termasuk sumber dana yang tergolong murah (soft loan) yaitu dengan jangka waktu yang relative lama dan dengan suku bunga yang rendah, berkisar antara 3% sampai 4% per tahun.
3.      Dari masyarakat luas ( Dana Pihak III )
Dana Pihak Ketiga adalah Dana-dana yang dihimpun dari masyarakat merupakan sumber dana terbesar yang paling diandalkan oleh bank.
·         Tabungan (Saving Deposit)
Tabungan adalah simpanan pihak ketiga pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarta tertentu.
·         Giro (Deman Deposit)
Giro adalah simpanan pihak ketiga pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro dan surat perintah lainnya atau dengan cara pemindahbukuan.
·         Deposito (Time Deposit)
Deposito adalah simpanan pihak ketiga pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu berdasarkan perjanjian. Dilihat dari sudut biaya dana, dana bank yang bersumber dari simpanan dalam bentuk deposito merupakan dana yang relatif mahal dibandingkan dengan sumber dana lainnya. Tetapi kelebihannya sifatnya dapat dikatagorikan sebagai sumber dana semi tetap, karena penarikannya berdasarkan tanggal jatuh tempo sehingga tingkat fluktuasinya dapat diantisipasi.

Post a Comment

7 Comments

  1. Halo, saya Mrs Mary Cole pemberi pinjaman pinjaman swasta yang
    memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    mencari lagi karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu
    masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2% .Saya ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan
    akan bersedia untuk menawarkan loan.So hubungi kami hari ini melalui email:
    marycoleloanscompany@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda ingin menjadi finansial stabil? Atau apakah Anda ingin mengembangkan bisnis Anda? Kami menawarkan kredit korporasi, kredit mobil, pinjaman Bisnis, dan Pribadi pinjaman pada tingkat bunga yang sangat berkurang dari 3% dengan durasi nyaman yang dapat dinegosiasikan. Hal ini menawarkan ini terbuka untuk semua orang yang akan mampu membayar kembali tepat waktu. Silakan datang kembali kepada kami jika Anda tertarik dengan email ini; cutfishloanfirm@hotmail.com

    MENGISI FORMULIR DI BAWAH INI

    Nama lengkap...
    Hubungi alamat...
    Usia feodalisme
    Nomor telepon...
    Status perkawinan...
    Jenis kelamin...
    Pekerjaan...
    posisi...
    penghasilan bulanan dari...
    Jumlah pinjaman...
    Tujuan untuk pinjaman...
    Durasi...
    Negara...

    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Tn. Richard Cutfish
    cutfishloanfirm@hotmail.com

    ReplyDelete
  3. apakah Anda membutuhkan pinjaman / kau membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis dari membayar uang sekolah Anda jika ya hubungi kami dengan email ini: leoscottprivatefinancecompany@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Halo,

    Untuk benar memperkenalkan diri, saya kreditur swasta Mrs Mary Cole memberikan pinjaman sebesar 2% per tahun. Ini peluang keuangan di depan pintu Anda langkah, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman Anda lebih cepat. Ada banyak kesempatan di luar sana mencari bantuan keuangan dan di mana-mana, dan bahkan sekarang mereka masih belum bisa mendapatkan. Namun, peluang keuangan ini di depan pintu Anda langkah dan dengan demikian, tidak mampu untuk melewatkan kesempatan ini. Layanan ini akan memberikan baik perorangan, perusahaan, bisnis pria dan wanita. Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari sejumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui email: marycoleloanscompany@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Hari baik untuk Anda dan bagaimana Anda lakukan? Great.we harapan seperti Anda semua untuk diberitahu bahwa kita memberikan pinjaman usaha dan pinjaman Xmas jika berminat hubungi kami melalui surat ini; meritsfinancecompany@gmail.com

    ReplyDelete
  6. BEWARE OF LOAN SCAMS ONLINE. Are you seeking for a legitimate and trusted Finance/Lender? Beware of many lender from West Africa, Singapore and India. I am Williams Burke, a British Citizen currently residing in Bulgaria; am 52 years of age. I want to use this medium to inform everyone here about my encounter with a reliable/trusted loan lender. I have been scammed by other fake lenders and was hopeless and didn't know who to trust, until I contacted DAVID HERLEY FINANCE HOME loated in USA and they did carried out their promises by putting a great smile on my face at my greatest surprise by sending me the loan that I did applied for. Anyone of you that have also been a victim of scam, you should bother no more because, I have bring you good news and the only lender you can trust here is DAVID HERLEY FINANCE HOME, just contact them now via email: { loans@dherleyfinancehome.net } or Tel: +13213231809 & Skype: dherleyfinance for more information on how to get a loan from them.

    ReplyDelete
  7. Senang fellows tahun baru, saya ingin berbagi saya ajaib 2016 kesaksian tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya pada 4 Januari tahun nya dari Jonnie Walker Corporation. Saya mulai mencari pinjaman karena pada Juli 2015, setelah bertahun-pertemuan dengan perusahaan pinjaman palsu online yang berbeda, saya bertemu Jonnie Walker Corporation pada 19 Desember 2015, dan setelah seri mereka dari proses dan pembayaran Biaya saya Of Transfer Kredit saya, saya kemudian menerima pinjaman saya di Pertama Senin (4 \ 01 \ 2016) tahun ini. Saya sangat berterima kasih kepada Korporasi Untuk menjaga kata-kata mereka mentransfer kredit saya untuk saya. Sekarang, saya bisa menyekolahkan anak saya kembali ke sekolah, saya sekarang bisa pergi dan menyelesaikan pendidikan universitas saya tanpa kendala keuangan. Saya berjanji untuk mendapatkan pelanggan untuk mereka dengan iklan Perusahaan mereka. Mereka mencari pinjaman dan Anda memiliki penipu ditemui, Anda dapat menghubungi mereka dan saya dapat meyakinkan Anda mendapatkan pinjaman Anda setelah Anda Biaya Of transfer. Hubungi email: Jonniewalker@financier.com
    Selamat!!!

    ReplyDelete