About Me

header ads

Pecinta Sepeda Ontel Reunian di Garut

Garut, 26 Mei 2013 hari minggu ini di alun-alun Garut terselenggara event tahunan yaitu pameran sepeda ontel klasik. Event hari ini masih dalam rangka memperingati hari jadi Garut 2 abad, berlangsung dari hari jum'at tanggal 24 Mei 2013, dan puncaknya hari Minggu ini merupakan hari terakhir berlangsungnya event tahunan ini.

PSHG (Paguyuban Sapeda Heubeul Garut) merupakan komunitas sepeda ontel yang ada di Garut, dengan populasi anggota yang cukup banyak dengan beragam sepeda ontel klasik yang dimilikinya,sehingga PSHG ini mampu menjadi komunitas yang besar dan terkenal dikalangan pencinta sepeda ontel nasional.

di acara ini, PSHG sendiri termasuk penyelengaranya dan bekerjasama dengan beberapa pihak yang menjadi sponsor yaitu Bank BJB Garut, Bank Saudara Garut, C59, dan lain sebaginya.
 konsep acara ini sangat unik menampilkan komunitas-komunitas sepeda ontel dari berbagai daerah, kota/ kabupaten, beberpa kota yang ikut serta dalam event ini antara lain : Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Bekasi, Banjarmasin, Bogor, Majalaya, dsb. 

Masing-masing kota ini menampilkan keunikan sepeda-sepeda ontel yang dibawanya sendiri, dengan beragam style yang khas dan unik, berbeda dari yang satu dan lainnya, menjadikan kemeriahan tersendiri dalam acara ini. sebelum berpusat di alun-alun Garut, para komunitas sepeda ontel yang ikut serta, terlebih dahulu konvoi keliling kota Garut dengan stylenya masing-masing, ada yang bergaya tahun 40an, bergaya ala Soekarno dengan ornamen yang komplit, bahkan begaya kedaerahan menonjolkan kesukuan tertentu.

Di alun-alun sendiri bukan hanya memperlihatkan deretan sepeda ontel, tapi juga ada banyak stan-stan yang berjualan menjajakan beragam produk, dari mulai makanan, sampai pakaian. Stan yang paling unik adalah stan yang menjajakan ornamen-ornamen, asesoris, dan perlengkapan suku cadang sepeda ontel. bahkan barang-barang antik pun ada, dengan beragam harga yang ditawarkan. 

 Ini bukan event biasa yang hanya sebagai arena saling mensuguhkan kreatifitas masing-masing, tapi ini juga merupakan ajang silaturahmi tiap pecinta sepeda ontel seindonesia. Selain sebagai upaya untuk meraup keuntungan bagi pihak-pihak tertentu, event ini juga bernilai edukasi bagi para pengunjung, soalnya disini juga memperlihatkan dan memperkenalkan kepada para pengunjung terutama para orang tua yang mebawa anak-anaknya terhadap barang-barang unik yang sempat populer dan bernilai tinggi dizamannya.



Semoga event seperti ini terus berlanjut dan mengalami perkembangan tiap tahunnya.

oleh : Halim Ramdani.



Post a Comment

0 Comments